Ada Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Difteri .

Posted on

Apakah yang menyebabkan penyakit Difteri?

Penyakit Difteri disebabkan akibat dari infeksi bakteri yang bernama Corynebacterium diphtheriae.
Bakteri ini mempunyai sifat sangat mudah menyebar karena berasal dari kelompok bakteri gram positif , sehingga risiko difteri ini bisa lebih mewabah pada suatu daerah.
Terbentuknya lapisan berwarna abu-abu yang disebut pseudomembran pada tenggorokan & amandel adalah gejala terjangkitnya seseorang dengan bakteri ini sebagai ciri khasnya.
Tumpukan sel-sel mati yang diakibatkan dari racun yang dihasilkan oleh bakteri difteri itu yang akan menimbulkan lapisan berwarna abu-abu tersebut.
Pada tingkatan yang lebih advance bakteri ini akan memproduksi zat racun yang mempunyai nama exotoxin yang akan tersebar melewati aliran darah & bisa merusak organ vital seperti ginjal, jantung, jaringan saraf, dan otak dan hal ini biasanya diawali bakteri difteri ini dengan menginfeksi selaput lendir pada hidung & tenggorokan ,

Berapa lama masa inkubasi bakteri difteri?

2-5 hari adalah masa inkubasi penyakit difteri ini .Hal tersebut akan dirasakan dalam rentang waktu antara bakteri masuk menginfeksi tubuh hingga mulai dirasakan gejala-gejala penyakit. Jadi ketika bakteri difteri masuk ke dalam tubuh, kita tidak akan merasakan gejala apa pun hingga 2-5 hari ke depan.

Siapa saja yang paling rentan terkena penyakit difteri?

Apabila kita mengggunakan data tahun lalu sebagai contoh, yang paling banyak terjankit penyakit difteri ini adalah anak-anak pada usia 1-9 tahun yakni sebesar 59% dari total 415 kasus. Dengan proporsi usia 1-4 tahun sebesar 23%, dan 5-9 tahun sebesar 36%.
Dan selebihnya banyak terjadi pada anak usia 10-14 tahun sebesar 11%, dan remaja hingga dewasa (15 tahun ke atas) sebesar 28%.

Apa saja ciri-ciri awal penyakit difteri?

Awal seseorang terkena penyakit difteri bisa dilihat dari ciri & gejala sbb :
1. Mengalami radang tenggorokan.
2. Tertutupnya sekitar tenggorokan dan amandel oleh munculnya lapisan berwarna putih hingga abu-abu.
3. Demam menggigil.
4. Sakit saat menelan.
5. Suara menjadi serak.
6. Detak jantung meningkat

Ini adalah beberapa gambar penyakit difteri yang terjadi pada anak,untuk memudahkan Anda mengenali penyakit difteri secara kasat mata :

 

difteri

 

Cara cek sederhana Anda bisa membuka mulut anak kemudian minta anak untuk menjulurkan lidahnya hingga terlihat bagian dalam tenggorokan & amandelnya. Apabila terlihat ada lapisan berwarna abu-abu seperti ini maka segeralah membawa Anak ke dokter.
Dokter akan mengambil contoh material yang terinfeksi dari tenggorokan pasien & mengujinya lebih lanjut di lab. apabila benar bahwa penyakit yang dideritanya adalah benar penyakit difteri.

Baca juga ini :  Ciri dan Gejala Penyakit Difteri.

 

 

One thought on “Ada Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Penyakit Difteri .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *